Tuesday, December 25, 2018


BERSUJUD

BERSUJUD

Architect                           : Gayuh Budi Utomo
Project                               : Gazebo
Shortlisted for                   : Housing Project
Located in                         : Madiun, East Java, Indonesia



Joglo dan alur manusia melakukan sholat dipadukan dalam irama bentuk yang akan mengahsilkan sebuah desain yang baru. Perpaduan ide dasar desain tersebut menciptakan sebuah arsitektur kontemporer yang melibatkan antara arsitektur nusantara dengan gerak sholat.





Orang berdiri untuk mendirikan sholat dikaitkan dengan makna atap joglo yang berbentuk normal. Lalu bentuk normal tersebut mengikuti elastisitas gerak tubuh dari orang yang sedang melakukan berdiri hingga gerakan rukuk.










Bentuk bangunan yang awalnya berbentuk joglo mulai berubah menjadi bentuk yang baru. Setelah gerakan rukuk yaitu gerakan sujud yang merupakan titik terendah manusia dihadapan Tuhan Yang Maha Esa. Dengan perwujudan bentuk siluet yang lebih rendah dari bentuk sebelumnya. Duduk Tasyahud akhir merupakan gerakan terakhir dalam gerakan sholat, bentuk elastis kombinasigerak sholat dan bentuk di fase ini. 




Fungsi
Joglo bersujud difungsikan sebagai  sarana dan prasarana untuk pengajar (ustadz/ustadza) untuk mengajarkan ilmu mengaji dan budi pekerti  baik sesuai ajaran agama islam. Bentuk yang dinamis juga sebagai simbol dari keceriaan anak-anak yang akan mengunjungi Joglo bersujud.

No comments:

Post a Comment

BERSUJUD BERSUJUD Architect                           : Gayuh Budi Utomo Project                               : Gazebo Shortl...